Monday, September 7, 2009

Yonif Mekanis 201/JY Latihan Pertempuran Kota


7 September 2009, Cibubur, Jakarta -- Kepala Staf Kodam Jaya, Brigjen TNI Moeldoko, meninjau Latihan Tehnis dan Taktis Batalyon Tim Pertempuran (BTP) Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha, di Bumi Perkemahan Cibubur, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Senin (7/9).

Hadir dalam latihan tersebut Asisten Operasi Kodam Jaya Kolonel Inf GE. Supit, Danbrigif 1 PIK /Jaya Sakti Letkol Inf Joni Supriyanto, Danyon jajaran Brigif 1 PIK/JS, Latihan Dril Teknis dan Taktis Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha dalam pertempuran kota yang akan dilaksanakan di Cibubur selama 2 (dua) hari ini merupakan latihan yang pertama dilaksanakan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha sebagai pasukan inti dan dengan Satuan pendukung latihan.

Antara lain 1 peleton Yonkav 7/Sersus, 1 peleton Yonarmed 7/105 GS, 1 seksi Denzipur 3 Kodam Jaya, 1 peleton Pomdam Jaya, 1 peleton Bekangdam Jaya, 1 peleton Paldam Jaya, 1 peleton Kesdam Jaya, 1 peleton Hubdam Jaya, 1 peleton Penerbad dan 1 peleton Bulsi dari Yonif 202/Taji Malela.

Kasdam Jaya dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kesejahteraan bagi prajurit yang paling hakiki adalah latihan, oleh karena itu agar latihan yang dilaksanakan ini tidak sia-sia, agar semuanya melaksanakan dengan baik, karena bagi Yonif Mekanis 201/JY latihan ini akan memberikan pengalaman baru.

Sehingga diharapkan memberikan makna yang dalam, dengan perlengkapan alutsista yang baru dimiliki oleh Yonif Mekanis 201 akan memberikan kebanggaan, dan akan kita hapus motto infanteri sebagai pasukan jalan kaki, kenyataannya pasukan infanteri bisa mendekatkan ke sasaran dengan helikopter, panser dan sebagainya.

Selanjutnya Kasdam Jaya menyampaikan selamat berlatih, walaupun momentum tidak pas, karena bulan puasa dan cuaca cukup panas.

7 Perwira Asing Ikut Geladi Yudha Dharma

Seratus perwira siswa kursus reguler (susreg), di antaranya, 93 peserta dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, 7 peserta dari mancanegara, antara lain 2 orang dari Malaysia, 1 orang dari Burkinafaso, 1 orang dari India, 1 orang dari Singapura, 1 orang dari Thailand, dan 1 orang dari Australia mengikuti Geladi Yudha Dharma, Senin (7/9) di Mabes TNI Cilangkap.

Geladi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (DIKREG) XXXVI Sesko TNI T.A 2009 dalam menyusun Rencana Yudha (Renyudha) TNI yang merupakan salah satu produk Perencanaan Strategik TNI jangka pendek dalam rangka merumuskan rencana penggunaan kekuatan dan kemampuan TNI untuk menghadapi ancaman nyata atau Kontijensi dibidang Pertahanan Negara (Hanneg).

Kasum TNI, Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya TNI Edy Harjoko, saat membuka Geladi menyatakan bahwa Geladi Yudha Dharma ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi Pasis mengenai mekanisme dalam proses penyusunan dokumen Renyudha TNI.

Untuk itu harus dipelajari dengan seksama perkembangan lingkungan strategi Global, Regional dan Nasional yang berpengaruh pada perkembangan situasi di dalam negeri secara cermat. Untuk itu Kasum TNI minta kepada peserta geladi agar mempelajari secara mendalam semua permasalahan yang terjadi di dalam negeri dewasa ini termasuk aspek yang melatarbelakanginya serta menemukan keterkaitan antara perkembangan situasi Global, Regional dan Nasional.

POS KOTA

No comments:

Post a Comment